Wawalkot Jaksel Temukan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Tebet Timur


Wawalkot Jaksel Temukan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Tebet Timur

Jakarta

-

Wakil Wali Kota DKI Jakarta Selatan Isnawa Adji meninjau kegiatan car free day (CFD) di kawasan Tebet hingga Pasar Tebet Timur, DKI Jakarta Selatan. Isnawa masih menemukan penggunaan kantong plastik di Pasar Tebet Timur.

Awalnya Isnawa bersepeda meninjau lokasi kawasan CFD di Jl Tebet Barat Raya, DKI Jakarta Selatan, Minggu (26/7/2020), sekitar pukul 8.30 WIB. Isnawa Adji kelihatan bersepeda bersama Camat Tebet, Dyan Airlangga, Danramil Tebet Mayor Siswo Prandoko, Komunitas Gowes Asem Baris, hingga sejumlah jajaran pemerintahan Kecamatan Tebet.

Mereka segera bersepeda menuju Pasar Tebet Timur. Isnawa kemudian mengelilingi meninjau keadaan pasar tersebut. Ia didampingi Kepala Negara Pasar Tebet Timur, Jorsenia.

Isnawa mengaku masih menemukan penggunaan kantong plastik di Pasar Tebet Timur. Padahal penggunaan kantong plastik Pembayaran sekaligus pakai sudah dilarang di DKI Jakarta sejak 1 Juli 2020.

"Soal penggunaan kantong belanja ramah lingkungan harus terus disosialisasikan. Di sini masih kita temukan ada warga yang karena DiteDitelan bulat-bulat bawa kantong belanja masih pakai kantong kresek (kantong plastik) dikasih sama pedagang," kata Isnawa di Pasat Tebet Timur, DKI Jakarta Selatan.

Ia mengatakan seharusnya para pedagang itu tidak mengurangi memberikan kantong plastik kepada para pembeli yang tidak mengurangi membawa kantong belanja. Hal itu dimaksudkan bagi memberikan efek jera agar pembeli membawa kantong belanja ramah lingkungan.

"Saya minta harusnya si pedagang ini telah nggak kasih lagi kantong kresek jadi mohon maaf memberikan efek jera ya kalau belanja harus kantong belanja ramah lingkungan. Memang ada sedikit pengecualian bagi mereka yang beli ikan, Hewan pemakan daging karena bagaimanapun itu masih menggunakan plastik tapi seyogianya warga telah harus pakai kantong belanja ramah lingkungan," ujarnya.

Pantauan detikcom, memang masih ada beberapa pembeli di Pasar Tebet Timur menggunakan kantong plastik. Tak tidak kadang, memang para pembeli itu mendapatkan kantong plastik dari para pedagang.

Untuk diketahui, Gubernur DKI DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) mengenai larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar. Larangan ini efektif mulai berlaku pada 1 Juli.

Larangan ini tertuang di Pergub Nomor 142 Tahun 2019 mengenai Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub ini diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

(ibh/gbr)
Thank you for visiting our blogs, make sure to check out our other blogs :
Everydayinfo
Everydayinfo EN
Everydayinfo GB
Everydayinfo AU
Everydayinfo CA
Everydayinfo CN
Everydayinfo CZ
Everydayinfo DE
Everydayinfo IT
Everydayinfo IR
Everydayinfo LA
Everydayinfo LV
Everydayinfo MY
Everydayinfo NL
Everydayinfo NZ
Everydayinfo PL
Everydayinfo RU
Everydayinfo SG
Everydayinfo ZA
Everydayinfo AE
Everydayinfo UZ
Everydayinfo VN

Comments

Popular posts from this blog

Microsoft Office 2016 Crack + Activation Key Full Free Download

Who Wants It? by Chris Henderson, Colin Ward - Books on Google Play

Richard ALLEN all Six Books Skinhead Series Plus Additional book Rare Hooligan | eBay